;

Senin, 22 Oktober 2012

Arti Cemburu Dalam Cinta

Senin, 22 Oktober 2012

 Siapapun yang telah dicintai, dan mungkin siapa saja yang pernah membentuk ikatan emosional dengan manusia lain, telah merasakan emosi cemburu.

Dikarakteristikan sebagai “raksasa bermata hijau”, cemburu adalah emosi yang sering destruktif yang tetap memainkan peran sentral dalam psikologi cinta. Artikel ini memperlihatkan deskripsi cemburu, perbedaan dalam berekspresi, dan bagaimana seleksi seksual menyebabkan ia menjadi bagian dari mosaik emosi yang terdiri dari pengalaman manusia.



Apakah kecemburuan?

Ketika seseorang digambarkan memiliki perasaan “cemburu”, mereka merasakan kombinasi dari emosi seperti rasa tidak aman, marah dan ketakutan. Kombinasi ini muncul sehubungan dengan kemungkinan yang dirasakan dari hilangnya hubungan emosional dengan manusia lain. Meskipun kecemburuan ini tidak terbatas pada ekspresi dalam lingkup romantis (kebencian anak pada orang tua karena mereka memberi perhatian kepada saudara yang baru lahir adalah bentuk kecemburuan), kita hanya akan melihat kecemburuan yang berkaitan dengan psikologi cinta.

Seseorang biasanya merasa cemburu ketika seseorang yang menarik minat mereka memberikan perhatian pada saingan. Kecemburuan berakar pada fakta bahwa orang yang membuat mereka tertarik akan jatuh cinta dengan orang lain. Sayangnya, emosi ini sering menyebabkan seseorang untuk selalu memantau keberadaan dan sikap orang yang mereka sukai, menginterogasi mereka tentang bagaimana perasaan mereka tentang orang lain, menuntut jaminan dan janji-janji cinta abadi, dan menjadi curiga dan paranoid. Beberapa orang telah menyarankan bahwa cinta bukan cinta sejati jika tidak ada komponen kecemburuan yang terlibat; ironisnya adalah bahwa perilaku yang disebabkan oleh kecemburuan seringkali memaksa kekasih untuk terpisah, terutama karena memiliki kekasih cemburu bisa membuat seseorang merasa terpenjara.

Mengapa cemburu itu ada?

Sebuah teori memberi sejumlah petunjuk tentang mengapa emosi cemburu ada dan bagaimana itu bisa muncul. Jika Anda menganggap bahwa tubuh dan emosi yang dirasakan oleh pikiran manusia ada untuk memastikan replikasi dari gen yang membuat kode untuk mereka, gen ini akan berevolusi untuk mendeteksi ancaman terhadap perambatannya. Salah satu ancaman utama adalah dari pasangan seksual potensial yang memilih untuk mereproduksi dengan orang lain, sehingga menolak kesempatan gen orang lain.
Dari perspektif evolusi, kecemburuan mungkin membuat lebih mungkin bahwa seseorang memastikan bahwa gen mereka diwariskan dan bahwa keturunan mereka bertahan untuk generasi berikutnya, karena orang itu akan berusaha untuk mengusir ancaman dari pesaing seksual. Mengingat bahwa kecemburuan membuat lebih mungkin bahwa orang yang merasakannya akan mereproduksi, gen mereka akan mereplikasi lebih sering, dan karena itu gen yang membuat kode untuk suatu sifat seperti perilaku cemburu akan menjadi lebih umum pada generasi berikutnya.

Perbedaan gender dalam kecemburuan

Untuk memahami perbedaan gender dalam kecemburuan, perlu untuk memahami model investasi orang tua. Untuk meringkas, tujuan dari hasrat seksual laki-laki adalah untuk membuahi perempuan; tujuan dari hasrat seksual perempuan adalah diinseminasi dengan laki-laki yang membuat gen dan perilaku anak-anak mereka lebih mungkin untuk bertahan hidup.
Untuk pria dengan wanita sebagai pasangan seksual, risiko terbesar adalah bahwa pria lain akan membuat wanitanya hamil. Untuk perempuan dengan pria sebagai pasangan seksual, risiko terbesar adalah bahwa wanita lain akan menarik sumber daya dari prianya dan meninggalkannya tanpa sumber daya dan perlindungan. Perbedaan ini dinyatakan oleh keadaan yang berbeda di mana kecemburuan muncul: pria lebih mungkin untuk merasa cemburu pada kemungkinan perselingkuhan seksual pada pihak perempuan, sedangkan perempuan lebih cenderung untuk merasa cemburu pada kemungkinan si pria mentransfer kasih sayangnya untuk wanita lain.

Baik cukup sekian tulisan saya tentang  Arti Dan Pengertian Cemburu Dalam Cinta. Semoga Anda Tidak Cemburu. Arti Cemburu Dalam Cinta 3.5 imam asseyka Arti Cemburu Dalam Cinta


Anda Telah Membaca artikel Arti Cemburu Dalam Cinta, Baca Juga Artikel Berikut

ajmain.Halta - Senin, Oktober 22, 2012

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI

Statistic

Photobucket

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers My Zimbio

blogger visitor