;

Senin, 15 Oktober 2012

Desa Benteng Bumi Tengku Sulung

Senin, 15 Oktober 2012

  Sungai Batang

Sebuah kampung kecil di selatan kabupaten Indragiri Hilir berdiri sebuah desa yang damai, bersih, aman dan penuh rahmat. Desa kecil ini merupakan tempat kelahiran saya, di desa ini juga saya menempuh pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga tamat Madrasah Aliyah. Banyak kenangan indah di desa kelahiran saya ini yang tidak bisa terlupakan.Masyarakat desa Benteng pada umumnya mencari nafkah untuk kebutuhan mereka dengan bertani, pekerja kebun kelapa hingga menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Satu hal yang tidak bisa lepas dari desa ini yakni masyarakat yang hidup saling berdampingan, memiliki jiwa tenggang rasa yang tinggi antar sesama serta kehidupan beragama yang masih dipertahankan turun temurun hingga saat ini.

 Desa ini pernah berdiri sebuah Benteng yang kokoh pada zaman kolonial Belanda. Benteng ini menjadi tempat perlindungan seorang pejuang Reteh yang bernama Tengku Sulung bersama pengikutnya. Keberadaan Benteng ini kemudian mengabadikan nama desa ini dengan Desa Benteng yang hingga sekarang masih mempertahankan nama tersebut.

Banyak sekali tidak mengetahui tentang sejarah perjuangan Tengku Sulung sebagai salah seorang pejuang yang gagah berani mempertahankan Bumi Pertiwi dari tangan penjajah. Bukti sejarah perjuangan beliau berdasarkan cerita dari orang tua dahulu dan sebuah tempat yang diyakini sebagai bekas Benteng pertahanan  yang beliau dirikan yang juga dikenal dengan sebutan Pohon Belanda. Di tempat ini kita dapat melihat peninggalan-peninggalan sejarah berupa kuburan-kuburan Belanda menurut para tokoh dan ahli sejarawan.
Seiring dengan dilantiknya Bapak Syahril Happatek, S.Ag sebagai Sekretaris Lurah oleh Bupati Indragiri Hilir pada tanggal 5 desember 2011, status desa Benteng secara resmi berubah jadi Kelurahan Benteng. Desa yang beralamat lengkap di Provinsi Riau, Kabupaten Indragiri Hilir, Kecamatan Sungai BatangMeski berganti satus dari desa menjadi Kelurahan, Benteng akan tetap dikenal oleh warganya dengan sebutan Bumi Tengku Sulung sebagai simbol perjuangan yang telah ditorehkan pejuang ini.



Anda Telah Membaca artikel Desa Benteng Bumi Tengku Sulung, Baca Juga Artikel Berikut

ajmain.Halta - Senin, Oktober 15, 2012

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI

Statistic

Photobucket

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers My Zimbio

blogger visitor