;

Rabu, 17 Oktober 2012

harga kelapa daerah inhil anjlok

Rabu, 17 Oktober 2012

Tidak hanya petani sawit dan karet di Riau yang menjerit, petani kelapa di Inhil juga sedang kesulitan. Harga kelapa anjlok ke titik terendah. Rp 500 perbutir

BENTENG-Para petani kelapa di Indragiri Hilir saat ini menjerit, karena makin anjloknya harga kelapa. Saat ini harga kopra bulat perbutirnya hanya Rp 500, padahal sebelumnya masih diatas Rp 1700 perbutirnya.

Menurut beberapa petani kelapa di pesisir Indragiri Hilir, seperti di Kecamatan Sungai batang, Kateman, pulau kijang, kondisi seperti ini tentunya memberatkan petani, karena hasil yang diterima tidak sebanding dengan kerja mereka selama 3 bulan menunggu masa panen.

“Memang saat ini kita mengeluhkan makin anjloknya harga kelapa, kelapa bulat harga dibeli penampung sekitar Rp 500 perbutir, sedangkan kopra hanya sekitar Rp 1,2-1,3 juta perton,” ungkap Yandu, seorang petani kelapa dari Desa Benteng, Kecamatan Sungai batang kepada kami, beberapa hari yang lalu

Keluhan petani ini sangat beralasan, karena makin terpuruknya harga komoditi kelapa ini ditengah hantaman intrusi air laut yang makin parah menerjang lahan perkebunan mereka. Dimana, lahan kelapa mereka yang biasanya menghasilkan sekitar 4 ton kalau diolah menjadi kopra, saat ini hanya menghasilkan kopra 1 sampai 1,5 ton saja.

“Bagaimana mana kami tidak menjerit, sudahlah harga yang sangat rendah. Diperparah pula dengan kebun kelapa yang rusak dihantam intrusi air laut mengakibatkan hasil kebun kelapa kami jauh menurun dan buahnya pun kecil-kecil,” sebut aco petani lainnya.

Mereka mengharapkan terpuruknya harga petani kelapa ini hendaknya menjadi perhatian pihak Pemerintah Kabupaten dan DPRD Inhil. Harus ada kebijakan dan solusi kongkrit bagi menstabilkan harga jual kelapa petani ini.

“Pemerintah harusnya menjembatani dan memperhatikan secara serius masalah ini serta solusi mencarikan formulasi yang tepat bagi harga kelapa petani. Memang harga kelapa ini tergantung mekanisme pasar, tapi diupayakan jangan sampai petani menjadi korban permainan harga,”

Lanjutnya, diantara upaya untuk menstabilkan harga kelapa di pasaran Indragiri Hilir yakni dengan masuknya para pembeli kelapa dari luar Inhil, sehingga terjadi persaingan yang kompetitif dan sehat, implikasinya akan membawa keuntungan kepada harga kelapa petani.

“Memang saat ini beberapa pengusaha dari luar telah melirik potensi kelapa di Inhil dan mereke menilai kualitas kelapa di Inhil sangat bagus. Kita harapkan kehadiran pengusaha yang akan membeli kelapa Inhil ini akan membawa perbaikan harga di Inhil,” tandasnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Inhil berencana akan membangun Balai Lelang Kopra (BLK) di Inhil, namun sampai saat ini belum ada kejelasan realisasi dari BLK ini


Harga hasil petani baek kelapa maupun yang laen gak perluh terlalu tinggi asal asalkan sudah sebanding dengan harga sembako yang ada.............




Anda Telah Membaca artikel harga kelapa daerah inhil anjlok, Baca Juga Artikel Berikut

ajmain.Halta - Rabu, Oktober 17, 2012

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI

Statistic

Photobucket

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers My Zimbio

blogger visitor