;

Minggu, 24 Februari 2013

Cerpen Masa Remaja

Minggu, 24 Februari 2013


http://ajmainhalta.blogspot.com/2013/02/cerpen-masa-remaja.html

Perkenalkan namaku Novelinda,teman2 ku biasa memanggilku Velin
Aku mempunyai seorang pacar yg sangat aku sayang tapi dia slalu menyakiti hati aku.namanya  Egi
Karna egi lah aku mampu bertahan sampai sekarang

Aku juga mempunyai beberapa sahabat dekat mereka bernama anggi,Nina Dan syila

mereka adalah sahabat yg slalu ada buat aku
meraka adalah penyemangat hidup aku........Aku bingung Akhir2 ini Aku sama Egi slalu berantem, apakah aku dan Egi gak ada kecocokan lagi.......
Penyesalan tak berujung

***********

Hey Vel................

hey Nina..........Ada Apa?Tumben nyamperin Aku”tanyaku Kaget
Kamu nech Aku Panggil2 dari tadi nggak ada suaranya
lagi ngelamuni apa sich?aku udah dari tadi Lho nyampe Rumah kamu
aku nyelonong Masuk aja.......Ujar NinaIch nggak sopan Ya Masuk rumah orang tanpa permisi!!!Timpalku

Yeee bukan niatku nggak sopan vel,Kamunya aja yang budek’’kata Nina Mulai meledekku..

Sialan Loe nin..............Aku mulai merengut
hahaha......gitu aja ngambek,hilang tuch ntar Cantiknya
bete’ aku vel,jalan yuk’’ajak nina
Jalan kemana atuh neng?tanyaku
kamu maunya kemana?nina balik bertanya
Ya aku maunya suatu tempat yang bisa menenangkan pikiranku

Ke danau aja yuk”Ech Kita ajak anggi sama syila ya,pasti mereka mau
suruh aja mereka langsung ke danau kita tunggu di sana.......
siiip ide yang bagus tuch vel,kita berangkat sekarang ya”ajak Nina
ech bentar dulu nin,aku ganti baju dulu ya!gila aja kamu aku berpakaian seperti ini........
bentar ya.................
Velin,Cepatan..........Teriak nina
iya iya bawel......ayuk kita berangkat...........
***********
*************
Aku sama Nina pergi  ke danau..............

Ayo nin kebut’’perintahku

oke bos.....pegangan ya’’kata nina
akhirnya sampai juga’’ujarku
ech nina,kita ke sana yuk...tempatnya teduh
ayuk’’ajak nina sambil menarik tanganku***********

Nah beneran kan nin,tempatnya teduh..........

suasananya adem banget..........’kataku
y vel.............suasananya keren
anginnya bikin ngantux...........kata nina dengan suara manjanya************
************

Hmmm........Ternyata kalian berdua di sini yach
capek kami muter2 mencari kalian”omel anggi
Ech ternyata ada anggi dan syila,capek ya...Duh Kacian sobatku ini”Ledek Nina
Napa tuch si velin......diem aja”tanya syila
Nggak tau syil,dari tadi mank gitu melamun teruz lagi ada masalah kali
Tadi aja pas aku datang ke rumahnya dia juga lagi melamun’’ungkap Nina

Ada kecoak”teriak anggi

mana kecoaknya’’kata ku kaget sambil mencari kecoak
hehehe........nggak ada,Cuma pengen ngagetin kamu aja”ujar Anggi
huuh sialan loe Nggi ngagetin aku aja”kata ku
Habisnya kamu dari tadi diem aja sich vel,kamu lagi ada masalah ya?

cerita donk ma kita!..Pinta syila
nggak ada apa2 kok syil,aku lagi nggak mut aja mau ngomong”kata ku lagiTapi wajahmu pucat vel!..kamu lagi sakit ya vel......?

Akhir2 ini aku lihat wajahmu selalu pucat?Tanya anggi

kalian semua jangan kwatir dech,aku baik2 aja
mungkin Cuma kecapekan doank”kataku mengelak dari pertanyaan anggi
************
Nggak terasa hari sudah sudah mungkin sangking asyiknya ngobrol dan bercanda bareng hingga lupa sama waktu

Och ya sudah sore nech kita pulang yuk”ajakku
ayuk”kata mereka serempak
***********************
***********************

Sesampai di rumah,tiba2 rasa sakit itu kembali menghampiriku

sebenarnya aku menderita gagal ginjal
temen2 maafkan aku yach,aku nggak bisa cerita sama kalian
aku nggak mau kalian semua kwatir tentang keadaan aku
aku tetap ingin kalian nganggap aku seperti dulu
velin yang slalu kuat,ceria dan nggak pernah putus asa
Aku ingin di sisa hidup ku ini aku merasakan kasih sayangnya

ketulusan hati dia untuk mencintai aku...
waktuku sekarang nggak banyak............
aku nggak tau sampai kapan aku mampu bertahan untuk hidup
Sikapmu yang berubah membuat hati ini terasa sakit
aku sayang kamu tapi kamu nggak pernah peduli sama aku
Sampai kapan kamu bersikap seperti ini terhadap aku
Mungkin sampai ku mati baru kamu menyadari bahwa aku sudah tiada di sisimu

**************
**************

“Jujurlah sayang aku tak mengapa biar semua jelas tak berbeda”

itu nada dering sms hpku bertanda ada pesan masuk
“kotak masuk:yank,maaf yach malam ne aku nggak bisa datang
                       Aku lagi kerja”
“berita terkirim: yach nggak apa2 kok,met kerja aja yach
“Kota masuk:kamu nggak marah kan vel?”
“berita terkirim:ngapain juga aku marah,ya udah hati2 aja kerjanya ya
                        Aku sayang kamu Egi...........!”
“kotak Masuk:Aku Juga sayang kamu velin”
“berita terkirim:jaga diri baik2 Ya sayang”
“kotak Masuk:Pasti sayang”
***********
***********
Aku mengakhiri smsan sama egi....................
Nggak terasa sudah 7 bulan aku menjalin hubungan sama egi
Tapi sekarang egi mulai berubah,dia acuh tak acuh terhadapku
Apa mungkin dia telah menemukan penggantiku
Atau mungkin dia sudah bosan terhadapku
Muncul beberapa pertanyaan dalam benakku
Aku hanya butuh perhatian dan kasih sayangnya
Aku ingin dia selalu ada untukku.........
Di sampingku dan membuatku kembali tersenyum
Aku kangen dengan semua itu

Mana Egi yang dulu.................
dia sekarang jarang menemuiku
Dia sudah nggak peduli lagi denganku
*************
*************
Malam minggu ini Egi menemuiku,setiba dia di rumahku
Selamat malam bu”kata Egi Menyapa Ibuku
Maaf menganggu bu,velinnya ada bu?tanya Egi
Ya ada,silakan masuk nak Egi!..Velinnya ada di depan
Masuk aja”Ungkap Ibuku
Terima kasih bu,permisi!!!Kata Egi dengan sopannya
Silakan”Kata Ibu Lagi
*******
Egi pun Berlalu dari Hadapan Ibu
*********
Vel,Kenapa sich sms aku tadi nggak di balas”tanya Egi setelah berada Di hadapanku
Nggak kenapa2,kemana aja kamu?nggak ada kabar
Terus kamu juga nggak ada waktu lagi buat aku
Mank kamu anggap aku ini apa gi?
Kamu datang saat kamu butuh aku aja....aku ne punya perasaan gi
Selama ini kamu kemana?”kataku dengan Emosinya
Maaf sayang,aku sibux.......
Aku banyak kerjaan,bukan maksud aku untuk menghindar dari kamu
Kamu mau kan maafin aku
Aku janji aku kan slalu ada buat kamu
Aku nggak mau kehilangan kamu vel!!Ungkap Egi
Suatu saat kamu pasti Kan kehilangan aku gi!.......Kataku
Sssssssssssssssttttttttttt Egi meletakkan jari telunjuknya di bibirku
Kamu nggak boleh ngomong gitu sayang,!!!aku tau semua makhluk kan kembali kepada ALLAH.........janji ya kamu nggak boleh ngomong Gini Lagi
Ya gi”Kata ku sambil tersenyum
“Egi memelukku,mengenggam tanganku dengan eratnya”
Aku sayang kamu Vel

************
Aku ingin selamanya seperti ini,aku nggak ingin malam ini menjadi malam terakhirku bersama egi,aku sangat menyanyangi egi
Tapi waktuku tinggal menghitung hari....... aku akan pergi untuk selamanya Gi
Penyakit yang aku derita ini yang memaksa aku haruz pergi
Sakit dan teramat sakit yang ku rasakan saat ini
Dengan adanya kamu gi,aku bisa menahannya
Aku masih bisa untuk tersenyum
************
Vel,Besok bisa nggak temani aku ke acara ultah teman aku”Tanya egi
Ya,aku bisa Gi..................
Terima kasih ya vel,Aku tunggu di tempat biasanya
Ya udah kamu langsung tidur ya
Aku pulang dulu,sampai ketemu besok di tempat kenangan kita
Aku tunggu kamu di sana jam 2 “kata Egi
***********
Aku hanya menganggukkan kepala dan sambil tersenyum
Aku antar egi sampai di depan rumah
Selamat malam sayang”kata egi sambil mengecup Keningku
Hati2 ya sayang”kataku
************
************
Hari sudah larut malam,,,,,,,,,dan Egi pUn sudah berlalu
 Ku mencoba untuk memejamkan mata,namun rasa sakit itu kembali menghampiriku,..aku pasti bisa melewati semua ini
Ku ambil obat yang biasa aku konsumsi setiap hari dengan obat ini bisa memperlambat kematianku
Hingga akhirnya aku tertidur............
************
************
Keesokan harinya,aku teringat janjiku kepada egi bahwa aku akan pergi bersamanya di acara ulang tahun temannya
Jam sudah Menunjukan Pukul 13.00 Wib,aku harus siap2
Kasian Egi Ntar nunggu kelamaan
Dan aku pun mulai Siap2......namun tiba2 Pinggang ku sakit banget dan kepalaku terasa Nyeri,aku nggak kuat menahannya
Akhirnya aku nggak sadarkan diri

*************
*************
Mana sich velin nech,janji jam 2 tapi udah jam setengah 3 Belum juga kemari
Di sms nggak di balas di telpon juga nggak di angkat
Kemana sich dia ini perginya bikin kesel aja
Kalau emang nggak bisa kasih kabar dong”Omel Egi sendirian
Akhirnya egi pergi ke acara ulang tahun itu tanpa aku
Dia pergi sendiri
*************
*************
Aku sadar tapi semuanya sudah percuma jarum jam sudah menunjukkan pukul 6 sore
Aku coba menghubungi egi untuk mencoba meminta maaf
Tapi sama sekali nggak ada jawaban
Aku tau egi pasti marah kepadaku
******
Tiap hari ku coba untuk menghubunginya tapi hasilnya tetap sama
Nggak ada jawaban
Egi sungguh kecewa kepadaku karna aku nggak menepati janjiku
Aku ingin jelasin semua yang terjadi kepadaku
Namun hanya sia2
Ku coba untuk menemui Egi Di tempat kerjanya....tapi sama sekali Egi nggak ngasih kesempatan aku untuk ngomong
Dia marah2 kepadaku
Minta maaf apa lagi sich vel,mau jelasin apa lagi semuanya sudah cukup
Aku capek nungguin kamu berjam-jam
Kamu nggak datang
Teruz hp kamu,di sms nggak di balas di telpon nggak di angkat”kata Egi Penuh kesal
Maafin aku gi,aku bisa jelasin semuanya kenapa aku nggak datang”kataku
Percuma vel..........!!!!!kata Egi
**********

Egi pun langsung Pergi meninggalkanku seorang diri
aku sama sekali nggak di beri kesempatan untuk ngomong
Egi Beneran marah kepadaku
Aku sayang egi,maafin aku egi bukan kehendakku semua ini
Tiap hari ku coba meminta maaf kepada Egi tapi hasilnya Tetap sama
Sama sekali Ku nggak di beri kesempatan untuk berbicara
*************
*************
Egi ultah aku ingin memberikan kejutan untuk dia
Aku datang ketempat kerjanya Egi lagi

Ku menunggunya di Pintu Depan
***********************
Hey gi tuch Cwe kamu Udah Nungguin dari tadi
Samperin sana kasian Udah dari tadi nungguin kamu”Kata dido teman Egi
Biarin,biar tau rasa Dia ,kesel aku sama dia!Ungkap Egi
Ich kamu mah Nggak boleh Gitu Atuh,emang kamu nggak ada rasa kasian apa,cwe kamu sendirian malam2 gini’’kata Dido lagi
Tega kamu gi”Kata teman egi yg satunya lagi menimpali
Oh ya aku mau pulang dulu kalian Urus dech Tu Cwe
Suruh Pulang aja”Kata Egi Sambil Menghidupkan mesin Motornya
Huh dasar Tu anak cwenya datang malah di cuekin,mana pulang lewat belakang lagi sungguh Tega banget”ujar temanya Egi yg lain
**************
Cari Egi Ya Mbak?tanya dido
Ya kak! Eginya ada?tanyaku balik
Och Eginya Udah Pulang Mbk”ujar dido
Aduh kak.....padahal aku kan di sini dari tadi tapi nggak ada lihat egi keluar
Mank egi pulang lewat mana ya?tanyaku lagi
Lewat belakang Mbk............”katanya lagi
Padahal aku mau ngasih kejutan buat egi kak,egi ultah hari ini
Tapi sayang aku nggak bisa ketemu dia
Mungkin nggak akan bisa ketemu lagi”ungkapku
Ech nggak boleh ngmong gitu mbak”kata dido
Tiba2 pinggangku terasa sakit lagi
Dan aku nggak sadarkan diri

***********

Ech teman2 tolongin donk!Teriak Dido kepada temannya yg lain
Dido temannya Egi Mencoba menghubungi egi Menggunakan Hp Velin
Tapi nggak di angkatnya
Dan akhirnya no egi nggak bisa di hubungi lagi
Hpnya di non aktifkan
Mereka membawaku ke rumah sakit,namun semuanya sia2
Velin sudah menghembuskan nafas terakhirnya saat di bawa kerumah sakit
Dido mencoba menghubungi ibu velin
Akhirnya ibu Velin saat itu juga datang kerumah sakit,tapi velin sudah tiada.velin sudah menghadap kepada yang maha kuasa
Ibu Velin Mencoba menghubungi Egi...
Ternyata nonya sudah bisa di hubungi kembali
Assalamualaikum bu,ada apa ya?tanya Egi
Kamu sekarang Juga datang kerumah sakit harapan ya”ibu langsung mematikan Telponnya
Nggak berpikir panjang lagi Egi Langsung menuju Rumah sakit yang ibu velin sebutkan tadi
Sesampai di rumah sakit egi Langsung menemui ibu Velin
Ada apa Bu?tanya Egi Penasaran
Lihat Itu!kata ibu velin sambil menangis
Egi langsung menuju ke arah yang di tunjuk ibu velin
Di bukanya selimut yang menutupi sekujur tubuh velin
Egi kaget dan nggak nyangka ternyata itu adalah Velin
Velin,apa yang terjadi kenapa kamu pergi ninggalin aku”kata egi mengeluarkan air matanya
Ibu velin mendekati egi’gi,ini ada titipan buat kamu dari velin
Apa ini bu”tanya Egi
Kamu lihat aja sendiri,ibu juga nggak tau apa isinya
Di buka kado dari velin,ternyata isinya sebuah kue tar  yang bertuliskan
“happy birthday Egi sayang” dan di sampingnya itu ada goresan tinta
Yang isinya” sayang maafin velin ya,bukan niat velin untuk tidak nepati janji..velin nggak datang karna rasa sakit itu kembali datang yang mengakibatkan velin jatuh pingsan.velin mengidap penyakit gagal ginjal dan waktu velin tinggal menghitung hari sayang
Waktu itu velin ingin menjelasin semuanya tapi Egi sama sekali nggak mau dengar penjelasan velin
Velin kan slalu sayang sama Egi”
Setelah habis membaca surat itu air mata egi bercucuran
Velin sayang maafin egi,egi nyesel
Egi juga sayang velin
Egi sangat menyesal karna nggak mendengarkan penjelasan velin
Tapi kini semua tinggal kenangan
Penyesalan ini tiada gunanya lagi
Velin sudah tiada..............
Sekarang hidup egi di selimuti penuh dengan penyesalan
Velin maafin egi..................






                                      The End

Pesan untuk para pembaca Cerpen ini’’jangan menganggap pasangan itu hanya boneka yang seenaknya aja bisa di perlakukan
Dia juga manusia yang pnya perasaan untuk di sayangi dan di cintai
Berilah seseorang kesempatan untuk berbicara karna semua yg dia lakukan itu pasti ada sebabnya
 jangan egois sendiri yang akan menimbulkan penyesalan tiada akhir.....
Hargai dia,sayangi dia..........karna dia adalah pasangan mu yg slalu ada di hatimu
Karna cinta sejati itu tak kan pernah terpisahkan dan slalu memahami
Dia selalu mengertimu maka kamu juga harus mengerti keadaaannya
Sebelum semuanya terlambat

Karna penyesalan selalu datang di belakangan hari

ajmain.Halta - Minggu, Februari 24, 2013

Sabtu, 23 Februari 2013

Kata Kata Terlanjur jatuh Cinta

Sabtu, 23 Februari 2013

Aku sudah terlanjur mncintaimu,, dg segala kkurangan muee , kelebihan mu,, dn sgala yg ad pda drimu,,

tp, d saat smua trasa indahh,, saat itu pula semua brubah mnjadi kesedihan buat q,, saat q tau u tlah brsama yg lain,,

gmana dg q?? Dg crita ini??
Walau u dn q tk prnah bersama dlam 1 ikatan yg lebih,, tp, q brharap it kn terjadi pda suatu hari nnt,, tp,, q sadar ini gk akn prnah trjadi,,

q slalu tringat saat u blang "maaf" dn "jangan lupa makan dan sholat"
itu adlah kata2 trindah darimu,,

tp, jika u tlah bersama.a apkah masih ad kata2 itu buat q??
Q tk meyakini hal itu,,


yaallah kirim kn q malaikat mu,, yg bisa mmbuat q mrasa nyaman dn mlupkan kisah ini,,,




>
>
>
http://ajmainhalta.blogspot.com/2013/02/kata-kata-terlanjur-jatuh-cinta.html

Ketika rasa cintaku tak memiliki arti di dirimu. . .
tak ada lagi yang bisa aku harapkan. . .
tentang keinginan ku dan mimpi-mimpi ku. . .
lalu bersama angin yang bertiup perlahan malam ini. . .
Aku terpekur dalam diam. . .
Bergelung dalam selimut tebal tanpa mu. . .
Berharap waktu belalu sebisa secepat mungkin. . .
Tak peduli langit begini terang. . .
Tak peduli rembulan memanggil. . .
Aku tetap terpekur dalam diam. . .
Air mata menitik satu persatu. . .
Membuang segala keruh yang mengotori hati. . .

Aku tak akan bisa menghapus rasaku padamu. . . . . .

ajmain.Halta - Sabtu, Februari 23, 2013

Jumat, 22 Februari 2013

cara membuat skripsi yang benar dan baik

Jumat, 22 Februari 2013

http://ajmainhalta.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-skripsi-yang-benar-dan-baik.html
Skripsi - Sekripsi sangat penting bagi mahasiswa karena menjadi salah satu persyaratan menjelang lulus kuliah , Kalo kita tanyakan bagaimana Cara Membuat Skripsi yang baik dan benar
 Buku Menyusun Skripsi dan Tesis dilengkapi Panduan Penulisan Mengunakan Microsoft Word membahas langsung tentang susunan dan aturan penulisan Skripsi & Tesis secara singkat serta cara menuliskannya menggunakan MS Word mulai dari pengaturan rancangan halaman, pengaturan format tulisan isi laporan, hingga penyusunan daftar secara otomatis. Melalui buku ini mahasiswa yang belum terbiasa dengan MS Word sekalipun dapat secara langsung mengikuti langkah-langkah untuk mengoptimalkan penulisan Skripsi & Tesis-nya melalui MS Word, karena pada buku ini dibahas langkah demi langkah dan selesai mempraktikkan buku ini pembaca akan langsung mendapatkan format penulisan Skripsi & Tesis dalam bentuk file template yang dapat digunakan kembali untuk menulis Skripsi & Tesis lainnya.

Materi yang dibahas Pada Buku ini :

Bagian I Susunan dan Aturan Penulisan Skripsi & Tesis serta Contoh-contoh Model Halaman Awal

BAB 1.    Susunan Penulisan Skripsi & Tesis
Bab 2.    Aturan Penulisan
Bab 3.    Model-model Halaman Bagian Awal

Bagian I I Panduan Penulisan Menggunakan MS Word 2007

BAB 4.    Memulai Bekerja dengan MS Word 2007
BAB 5.    Pengaturan Page Layout, Styles dan Nomor Bab
BAB 6.    Penyusunan Bagian Awal Skripsi & Tesis
BAB 7.    Penyusunan Bagian Utama
BAB 8.    Penyisipan Gambar & Tabel serta Persamaan
BAB 9.    Penomoran Gambar dan Tabel serta Persamaan   
BAB 10.  Pengaturan Orientasi halaman yang Berbeda
BAB 11.  Penyusunan Bagian Akhir (Daftar Pustaka)
BAB 12.  Penulisan Daftar

Bagian III Beberapa Hal yang Diperlukan pada Proses Penulisan Skripsi & Tesis

BAB 13.   Tambahan








Panduan Menulis Skripsi Yang Baik .
 

 Struktur Skripsi

“Struktur Resmi” untuk setiap perguruan tinggi tentu berbeda..jadi bacalah buku panduan penulisan skripsi yang ada diperguruan tinggi masing-masing...tetapi secara umum bisa digambarkan sebagai berikut

  • Judul
  • lembar pengesahan
  • persembahan
  • kata pengantar
  • intisari
  • abstract
  • daftar isi
  • daftar gambar
  • daftar tabel
  • bab 1 pendahuluan
  • 1.1.latar belakang
  • 1.2.rumusan masalah
  • 1.3.Ruang lingkup dan batasan masalah
  • 1.4.tujuan penulisan
  • 1.5.manfaat penulisan
  • 1.6.tinjauan pustaka
  • 1.7.metodologi penelitian
  • 1.studi literatur
  • 2.analisis kebutuhan
  • 3.perancangan sistem
  • 4.implementasi sistem
  • 5.testing sistem
  • 1.8.sistematika penulisan
  • bab 2 dasar teori
  • bab 3 rancangan sistem
  • bab 4 implementasi sistem
  • bab 5 pengujian dan hasil
  • bab 6 penutup
  • 6.1.kesimpulan
  • 6.2.saran
  • daftar pustaka

ajmain.Halta - Jumat, Februari 22, 2013

Kamis, 07 Februari 2013

Belajar Bersama Alam

Kamis, 07 Februari 2013

Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrasi dan slogan, seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal akan objek-objeknya, mencintai tanah air Indonesia dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dengan dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat kerena itulah kami naik gunung (Soe Hok Gie)

http://ajmainhalta.blogspot.com/2013/02/belajar-bersama-alam.html
                 Banyak orang bilang mendaki gunung adalah pekerjaan bodoh serta gila, buat capek, kotor, orang yang sering naik gunung adalah amor fati, mencintai kematian dan berbagai macam sebutan untuk seorang pendaki dari orang-orang awam yang sebenarnya belum benar-benar mengetahui hakekat dari mendaki gunung. Toh, para pendaki gunung tetap berjalan dengan tekad dan semangat yang kuat sambil menggendong carier dengan bangganya dan berkata “Gunung Aku Datang”

                 Pernahkah orang berpikir bahwa untuk mencapai puncak suatu gunung memerlukan suatu proses yang panjang dan melelahkan namun dibalik setiap proses yang dilalui tersimpan hikmah perjalanan hidup manusia dan bagaimana seseorang menghargai kehidupan. Disinilah seorang pendaki akan berproses dan proses inilah yang tidak dipahami dan dialamai oleh orang awam lainnya. Mungkin saja jika setiap orang memahami dan meresapi proses ini maka akan ramai yang akan mendaki gunung serta berpetualang di alam bebas.

http://ajmainhalta.blogspot.com/2013/02/belajar-bersama-alam.html
                 Banyak hal yang harus dilakukan sebelum mendaki gunung, Salah satunya harus mengetahui keadaan medan yang akan dilalui serta berapa lama perjalanan yang akan ditempuh. Disinilah proses belajar itu dimulai, dimana kita mencoba memahami tempat yang akan dilewati walaupun kaki kita belum pernah melangkah kesana sebelumnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui keadaan medan yang akan ditempuh adalah mencari informasi melalui mereka yang pernah kesana sebelumnya atau melalui informasi media cetak seperti buku dan elektronik seperti internet. Diperlukan ketelitian dalam menyusun rencana perjalanan, agar semua dapat berjalan secara sistematis dan tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan bahkan dengan perencanaan perjalanan yang buruk dan tidak teratur dapat mengakibatkan kematian pendaki. Maka dari itu setiap pendaki harus lebih mengutamakan safety procedur tidak hanya berambisi ingin segera sampai ke puncak namun persiapan sangat minim, hal demikianlah yang seharusnya dihindari oleh seorang pendaki. Disinilah sebuah penghargaan terhadap hidup jelas terlihat. Melewati sebuah medan yang cukup berbahaya bahkan dapat merenggut nyawa namun dengan perencanaan dan perlengkapan yang matang, seorang pendaki dapat dengan mantap melangkah menuju puncak idaman.

                 Sebelum kaki melangkah menuju puncak, kita kan menemukan sebuah perkampungan yang terletak tidak jauh dari lokasi dimana sebuah gunung gagah berdiri. Perkampungan yang sarat dengan kehidupan sederhana bahkan terkadang mengalami kekurangan namun mereka tetap tidak melupakan budaya bangsa Indonesia yang telah lama hilang di kota yaitu, gotong royong dan kekeluargaan. Sangat kental terasa budaya itu masih dianut oleh tiap-tiap penduduk kampung. Sifat yang ramah tamah. Mereka tidak sibuk mengejar materi dengan melupakan tetangga bahkan keluarga, mereka menjalin hidup dengan keterbatasan yang mereka miliki namun masih ingin berbagi dan tolong menolong. Potret kehidupan kampung ini sangat membekas untuk tiap-tiap pendaki yang meresapinya bahkan ketika mereka kembali ke kota. Keinginan untuk menjalani kehidupan perkampungan yang sederhana itu sangat kuat, namun pengaruh dari luar serta sulitnya keadaan ekonomi membuat rakyat kita lupa untuk saling berbagi dan tolong menolong.

                 Ketika mulai mendaki banyak cobaan yang akan ditemui oleh seorang pendaki seperti rasa capek, dingin, mengantuk, serta rasa ingin menyerah yang jika diikuti akan meninggalkan sesal yang mendalam tapi disinilah proses penempaan itu. Seorang pendaki gunung yang menempa dirinya dengan kehidupan alam bebas yang buas namun bisa sangat bersahabat jika kita benar-benar mencintainya. Dalam proses ini pendaki belajar bagaimana bertahan hidup dengan perlengkapan seadanya serta bagaimana cara membangun kerja sama team yang solid jika pendakian dilakukan oleh lebih dari satu orang.  Ego harus dibuang jauh –jauh karena sama sekali tidak akan membantu proses pendakian, bahkan malah memperkeruh keadaan. Para pendaki juga belajar untuk saling berbagi, berbagi tenda yang sempit, berbagi makanan yang seadanya serta saling tolong menolong jika salah satu sedang mendapat kesusahan. Namun sesulit apa pun yang mereka dapatkan perjalan itu tetap terasa nikmat dan akan sangat indah jika dikenang dan mulut-mulut para pendaki yang mengatup menahan dingin akan berguman “Terima Kasih Tuhan Atas Nikmat-Mu.”

                 Puncak adalah tujuan seorang pendaki gunung, ketika mereka menapaki puncak tersebut akan didapati pemandangan yang begitu luar biasa. Lukisan alam dari seorang pelukis ternama pun tak dapat menyamai keindahan lukisan sang Maha Agung yang nyata ini. Panorama yang akan menimbulakan rindu di setiap hati yang melihatnya. Awan dapat terlihat dengan menundukan kepala ketika kita berada dipuncak. Mulut pun tak hentinya mengucapkan kekaguman akan keindahan alam ciptaan Tuhan Sang Pemilik Kehidupan.

                 Hendry Dunnant pernah berkata “tidak akan hilang pemimpin suatu bangsa jika pemudanya masih ada yang suka masuk hutan, berpetualang di alam bebas dan mendaki gunung.” Tampaknya Bapak Pandu Dunia ini sangat mengerti bahwa bergiat di alam bebas ini akan membentuk pribadi seseorang yang menghargai hidup, pribadi yang menampakan ciri-ciri seorang pemimpin serta karekter-karekter lainnya yang peduli terhadap lingkungan, masyarakat bawah dan sanggup bertahan dengan cobaan yang datang dan mampu memanjemen perjalanan dengan baik dan sistematis agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

                 Hendaknya para pemimpin bangsa ini berkenan untuk mendaki gunung setidaknya berekreasi di alam bebas di sela-sela kesibukan yang padat untuk melihat bagaiman kondisi rakyat yang berada ditangannya dari dekat melalui sisi yang berbeda, atau setidaknya mencoba meresapi kata-kata Soe Hok Gie diatas. Sedangkan generasi muda yang seyogyanya pewaris peradaban dan pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini harusnya bisa menikmati alam yang ditempatinya dengan melewati proses yang semestinya memang harus dijalani sekaligus menjaganya dan melindunginya. Karena mendaki gunung dan berpetualang di alam bebas membentuk seorang pemimpin yang berkarakter yang peduli kepada rakyatnya

ajmain.Halta - Kamis, Februari 07, 2013

Statistic

Photobucket

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers My Zimbio

blogger visitor